Live simply, Love generously, Care deeply, Speak kindly, Leave the rest to God

Senin, 11 Oktober 2010

Tugas Sosiologi (Ilmu Sosial Dasar)

1. Jelaskan pengertian sosiologi menurut pandangan saudara, berdasarkan pendapat-pendapat tentang sosiologi dari beberapa pendapat pakar sosiologi yang telah kalian pelajari ?

Sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari fakta-fakta sosial, yakni fakta yang mengandung cara bertindak, berpikir, berperasaan yang berada di luar individu di mana fakta-fakta tersebut memiliki kekuatan untuk mengendalikan individu dan mempelajari kehidupan dan perilaku, terutama dalam kaitannya dengan suatu sistem sosial dan bagaimana sistem tersebut mempengaruhi orang dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya mempengaruhi sistem tersebut.

Sosiologi mempelajari hubungan antara individu dengan individu, individu dengan masyarakat, dan masyarakat dengan masyarakat.

Selain itu, Sosiologi juga membicarakan apa yang sedang terjadi saat ini, khususnya pola-pola hubungan dalam masyarakat serta berusaha mencari pengertian-pengertian umum, rasional, empiris serta bersifat umum.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sosiologi adalah ilmu yang mempelajari atau membicarakan tentang masyarakat yang meliputi gejala2 sosial, struktur social dan perubahan social yg terjadi didalam masyarakat. Oleh karena itu manusia hidup bersama, dan masyarakat sbg suatu system yang terbentuk karena hubungan dari anggotanya.



2. Jelaskan mengapa sosiologi dikategorikan dalam kelompok ilmu sosial ?

Karena pokok permasalahan dalam ilmu sosial pada umumnya membicarakan kehidupan sosial manusia, masyarakat atau kehidupan bersama. Sedangkan sosiologi dapat dikatakan ilmu yang membahas tentang masyarakat. Dengan demikian jelas bahwa sosiologi merupakan bagian dari ilmu sosial, karena yang menjadi bahasan adalah masyarakat. Namun, masyarakat yang dibahas dalam ilmu-ilmu sosial lain selain sosiologi adalah pada segi-segi khusus dari masyarakat tersebut.



3. Jelaskan perbedaan bahasan antara sosiologi dengan ekonomi, atau ilmu politik yang juga termasuk didalam lingkup ilmu – ilmu sosial.

* Ilmu ekonomi berusaha memecahkan persoalan yang timbul karena tidak memadai persediaan pangan jika dibandingkan dengan jumlah penduduk, disamping itu juga membahas tentang usaha-usaha manusia dalam upaya meningkatkan produksi guna memenuhi kebutuhan masyarakat dan yang lainnya. Jadi ilmu ekonomi hanya mempelajari segi ekonomi, sedangkan sosiologi mempelajari unsure-unsur kemasyarakatan secara keselurhan.

* Ilmu politik juga mempelajari suatu segi khusus yakni kehidupan masyarakat yang menyangkut kekuasaan. Sedangkan sosiologi memusatkan perhatian pada segi masyarakat yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum. Misalnya usaha untuk mendapatkan kekuasaan oleh sosiologi dikatakan sebagai salah satu bentuk persaingan ataupun terjadinya konflik.



4. Sebutkan dan jelaskan empat sifat dari ilmu pengetahuan secara terperinci.

Empat sifat dari ilmu pengetahun adalah :

a. Sosiologi bersifat Empiris, adalah sosiologi yang berdasarkan pada pengamatan dan penalaran. Pengamatan berarti susunan yang berhubungan dengan pancaindera manusia, yang dialami dalam kehidupan social. Sedangkan penalaran berarti semua yang berhubungan dengan akal budi manusia atau yang bersifat rasional. Sifat empiris ini sering dihubungkan dengan sifat ilmu yang dapat diuji dengan fakta. Yang factual tidak dapat disangkal kebenarannya, karena dapat kita lihat sendiri dengan mata atau pancaindra yang kita miliki.

b. Sosiologi bersifat Teoritis, adalah ilmu pengetahuan yang selalu berusaha untuk menyusun abstraksi dari hasil observasi. Abstraksi tersebut merupkan kerangka unsure-unsur yang tersusun secara logis serta bertujuan untuk menjelaskan hubungan-hubungan sebab-akibat sehingga menjadi teori.

c. Sosiologi bersifat Kumulatif, adalah teori-teori sosiologi yang dibentuk atas dasar teori-teori yang sudah ada dalam arti memperbaiki, memperluas, serta memperhalus teori-teori yang lama, hingga menjadi baik atau mencapai kesempurnaan.

d. Sosiologi bersifat Non-Etis, adalah sosiologi yang dalam usahanya menggambarkan dan menjelaskan masyarakat atau individu sama sekali tidak bermaksud untuk menanyakan apakah masyarakat dilihat dari segi moral baik atau tidak. Sosiologi hanya menjelaskan perilaku sosialnya, atau dengan kata lain untuk menjelaskan fakta tersebut secara analitis.



5. Obyek dari sosiologi adalah masyarakat. Coba jelaskan masyarakat dari sudut pandang yang bagaimana yang menjadi obyek dari sosiologi ?

Obyek sosiologi masyarakat adapat ditelaah dari dua sudut, yaitu sudut structural dan sudut dinamika :

a. Sudut struktural dinamakan pula struktur social yaitu keseluruhan jalinan antara unsure-unsur social yang pokok yaitu; kaidah-kaidah social, lembaga-lembaga social, kelompok social serta lapisan – lapisan sosial.

b. Sudut dinamika adalah apa yang disebut proses sosial dan perubahan sosial. Proses sosial diartikan sebagai pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama. Dengan kata lain proses sosial adalah cara berhubungan yang dapat dilihat apabila individu-individu dan kelompok-kelompok manusia saling bertemu dengan menentukan system serta bentuk-bentuk hubungan tersebut atau sesuatu yang terjadi apabila ada perubahan-perubahan yang menyebabkan goyahnya cara-cara hidup yang telah ada.

6. Masyarakat sebagai suatu system yang terwujud dari kehidupan bersama manusia, tentunya memiliki ciri-ciri pokok agar dapat disebut sebagai suatu masyarakat. Sebutkan ciri-ciri dari masyarakat tersebut ?

Ciri-ciri pokok masyarakat adalah :

a. Manusia yang hidup bersama, secara teorotis, jumlah manusia yang hidup bersama itu ada dua orang. Didalam ilmu social khususnya sosiologi, tidak ada suatu ukuran yang mutlak atau angka yang pasti untuk menentukan berapa jumlah manusia yang harus ada.

b. bergaul selama jangka waktu yang cukup lama.

c. adanya kesadaran, bahwa setiap manusia,erupakan bagian dari suatu kesatuan.



7. untuk mempelajari obyeknya, sosiologi memiliki metode-metode atau cara kerja yang dapat dipakai, diantaranya adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif. Jelaskan kedua metode tersebut, serta bagaimana penerapannya untuk mempelajari sosiologi ?

* Metode kualitatif :
Metode yang berakar pada paradigma tradisional,postivistik,eksperimental atau empiricist.Penelitian kualitatif biasanya mengukur fakta obyektif melalui konsep yang diturunkan pada variable-variabel dan dijabarkan pada indikator-indikator dengan memperhatikan aspek reliabilitas.


*Metode kuantitatif :

Metode ini berusaha mengkonstruksikan realitas dan memahami maknanya.Sehingga penelitian kualitatif biasanya sangat memperhatikan proses,peristiwa dan otentitas.
Penerapannya untuk mempelajari sosiologi adalah pada metode kuantitatif realitas bersifat obyektif dan singular serta terpisah dari peneliti.Sedangkan pada metode kualitatif realitas bersifat subyektif.



8. Metode fungsional juga sering digunakan oleh sosiologi, mengapa metode ini digunakan oleh sosiologi ?

Metode fungsional sering digunakan oleh sosiologi karena metode ini bertujuan untuk meneliti kegiatan lembaga-lembaga kemasyarakatan dan struktur social dalam masyarakat. Metode ini berpendirian bahwa unsure-unsur yang membentuk masyarakat mempunyai hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi, dan masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda terhadap masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar